Menjaga Adat Tradisi, Warga Desa Selerong Peringati 10 Muharram 1441 H Dengan Saling Berbagi


SELERONG - Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini warga Desa Selerong, Kec. Sebulu kembali adakan peringatan 10 Muharram yang jatuh pada selasa 10 september 2019, dengan cara begotong royong membuat bubur asura yang rencananya akan dibagikan kepada warga desa.

Adapun tempat dan lokasi yang digunakan untuk proses pembuatan bubur asura sendiri berada di halaman Mesjid Baiturrahman Desa Selerong.

Ditemui dilokasi yang sama, dewan pengurus Mesjid Baiturrahman Desa Selerong, Bapak Ngunong menerangkan bahwasanya peringatan 10 Muharram ini merupakan sebuah adat tradisi yang sudah ada sejak dahulu yang diturunkan secara turun temurun dan dilanjutkan sampai sekarang.

Adapun makna dari peringatan ini sendiri bagi warga Desa Selerong yaitu sebagai wahana silaturahmi untuk mempererat hubungan antar sesama, baik itu lintas usia, agama, sosial, dan lain sebagainya.

Dalam dunia islam sendiri bulan Muharram merupakan bulan yang sangat dihormati, karena banyak peristiwa penting terjadi di bulan Muharram, yaitu meliputi :

1. Nabi Adam bertobat kepada Allah.
2. Berlabuhnya Kapal Nabi Nuh di Bukit Zuhdi
3. Selamatnya Nabi Ibrahim diri siksa api Namrud
4. Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara mesir
5. Nabi Yunus keluar dari perut ikan paus
6. Nabi Ayyub disembuhkan dari penyakitnya
7. Nabi Musa dan Pengikutnya selamat dari pengejaran Fir'aun

Dan dari beberapa kejadian diataslah yang menyebabkan umat islam seluruh dunia sangat antusias untuk merayakan 10 Muharram, karena banyak keutamaan yang terkandung didalamnya.