Desa Selerong Resmi Masuk Dalam Event Tahunan Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara


SELERONG - Melalui website "Jaringan Kota Pustaka Indonesia" Desa Selerong resmi ditetapkan masuk kedalam Kalender Event Tahunan Kabupaten Kutai Kartanegara. Link

Desa Selerong sendiri tercatat sebagai Desa Wisata Budaya oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara, adapun masuknya Desa Selerong kedalam event tahunan Kabupaten Kutai Kartanegara dikarenakan Desa Selerong dalam beberapa tahun belakangan giat mengadakan acara yang bertajuk pengembangan potensi budaya lokal.

Acara ini sendiri diberi nama "Festival Selerong", yang mana dalam setiap kegiatan acara, Pemerintah Desa Selerong selalu menonjolkan identitas yang sarat dengan budaya lokal.

Tercatat sejak tahun 2015 sampai dengan 2019, Desa Selerong sudah melaksanakan beberapa kegiatan acara yang bernuansa budaya lokal, sebut saja seperti Tepung Tawar Menjamu Kampung, Pelas Banua dan lain sebagainya, adapun untuk kegiatan acara ini sendiri tidak hanya terbatas untuk masyarakat Desa Selerong, melainkan melibatkan beberapa desa tetangga yang ada disekitaran Desa Selerong.

Selain sebagai wahana untuk pengembangan budaya lokal, Festival Selerong juga dijadikan sebagai ajang pelestarian budaya oleh desa-desa tetangga.

Hal inilah yang mendasari Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara menetapkan Festival Selerong sebagai event tahunan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, selain sebagai wadah untuk unjuk kemampuan, Festival Selerong juga sebagai ajang peningkatan minat masyarakat terkait budaya lokal yang belakangan ini mengalami penurunan akibat maraknya penyebaran budaya asing.