Melalui Anggaran Aspirasi, PEMDES Selerong Berharap Terciptanya Percepatan Pembangunan Desa


SELERONG - Dalam upaya percepatan pembangunan, Pemerintah Desa Selerong terus berupaya untuk meningkatkan kinerja demi terciptanya pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Pembangunan adalah poin utama dalam meningkatkan pelayanan yang prima, dengan adanya fasilitas dan akses yang memadai tentunya akan mempermudah setiap aktivitas pelayanan pemerintah desa kepada masyarakat.

Darimaka itu pemerintah desa selerong dalam beberapa tahun belakangan ini, terus berupaya  untuk membangun fasilitas dan akses bagi masyarakat desa, dengan tujuan agar masyarakat desa bisa mendapatkan pelayanan yang baik.

Adapun fasilitas dan akses yang telah dibangun oleh pemerintah desa dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakt antara lain sebagai berikut :

- fasilitas kesehatan, yaitu berupa pembangunan pusban dan posyandu, 
- fasilitas oleh raga, yaitu berupa perbaikan lapangan sepak bola, dan pembangunan lapangan futsal, dan volly ball
- fasiltas kesenia, yaitu berupa pembangunan dan pengadaan sarana prasarana alat musik
- fasilitas keagaamaan, renovasi tempat ibadah dan taman pendidikan al qur'an
- fasiltas umum, yaitu berupa pembangunan sanitasi air bersih, pembangunan pelabuhan
- Peningkatan Akses yaitu berupa semenisasi jalan desa, pembangunan jembatan, dan lain sebagainya

Terlepas dari itu semua, banyak hal yang harus dihadapi oleh pemerintah desa dalam upaya percepatan pembangunan ini, salah satunya sumber pendanaan.

Selama ini pemerintah desa hanya bergantung kepada pendapatan transfer yang diberikan oleh pemerintah kabupaten melalui Anggaran Alokasi Dana Desa.

Dengan Anggaran Alokasi Dana Desa yang terbatas tentunya tidak semua hal bisa terselesaikan sekali jalan, perlu beberapa tahapan agar apa yang di bangun bisa terselesaikan seutuhnya.

Hal inilah yang sering menjadi faktor penghambat dalam percepatan pembangunan desa. Tentunya Pemerintah Desa Selerong harus mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut.

Melalui DPRD Provinsi dan Kabupaten pemerintah desa selerong akan mencoba untuk mengajukan permohonan terkait Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD), yang diambil dari APBD.

Diharapkan dengan cara ini akan membantu pemerintah desa dalam upaya percepatan pembangunan, demi tercapainya desa yang mandiri, berakhlak, dan unggul.

Untuk tahun 2019, desa selerong sendiri telah mendapatkan bantuan dua proyek yaitu berupa, semenisasi jalan RT.008 dan RT.010.

Mudah-mudahan untuk tahun 2020 desa selerong mendapatkan lebih banyak lagi bantuan keuangan, baik itu tingkat kecamatan, kabupaten, maupun provinsi, dengan demikian percepatan pembangunan yang sekarang sedang kita targetkan akan terlaksana sesuai perencanaan.