PEMDES Selerong Bekerja Sama Dengan Desa Tetangga Lawan Covid-19


SELERONG - Corona Virus Disease 19 atau yang lebih dikenal Covid-19, adalah salah satu virus yang cukup menakutkan bagi masyarakat saat ini. Virus ini sendiri diketahui datang dari china.

Sampai sejauh ini ada ratusan ribu orang yang telah terjangkit virus ini. Dan sebagai tindakan antisifasi pemerintah desa selerong bersama pemerintah desa senoni dan sanggulan laksanakan protocol pencegahan penyebaran.

Setelah melakukan koordinasi antar desa, maka telah disepakati akan dilakukan hubungan kerjasama dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona ini. Adapun kerjasama ini adalah pemeriksaan bagi siapa saja yang ingin masuk dan keluar wiliyah desa.

Dan sebagai langkah awal, maka telah dibuat portal penjagaan di kawasan simpang tiga desa sanggulan. 


Dibuatnya portal ini sendiri bertujuan untuk mengidentifikasi siapa saja yang telah melakukan perjalanan antar wilayah.

Selain itu juga, diportal penjagaan ini telah disiapkan alat test suhu tubuh. Jadi bagi warga yang datang dari wilayah-wilayah yang sudah masuk zona merah, maka akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, untuk mengetahui apakah yang bersangkutan dalam kondisi normal atau tidak.


Ketika didapati ada orang yang suhu tubuhnya dalam kondisi tidak normal, maka akan langsung dirujuk ke PUSBAN terdekat, untuk selanjutnya akan dilakukan pemeriksaaan secara intensif.

Kenapa harus dilakukan penjagaan disimpang 3 sanggulan ???  Karena disana adalah jalur masuk utama ketika ingin pergi ke selerong, senoni, maupun sanggulan. Bahkan untuk menuju ke teratak, benua puhun , dan rantau hempang harus melewati jalan disana, karena disanalah jalur utama yang menghubungkan antara desa dan kota.

Untuk sampai kapan penjagaan ini dilaksanakan, masih belum diketahui mengingat saat ini virus corona terus mengalami lonjakan, di kabupaten kutai kartanegara sendiri sudah 2 orang yang dinyatakan positif.

Mudah-mudahan situasi ini cepat berlalu, sehingga kita bisa berkativitas normal kembali.