Desa Selerong Masuk Ke Dalam Radar Pemantauan Diskominfo Kaltim Untuk Pemasangan Internet Desa


SELERONG - Program pemasangan internet desa yang direncanakan Diskominfo Kaltim bakal segera direalisasikan. 

Dan dalam waktu dekat, Tim Diskominfo akan melakukan survey lapangan untuk memastikan titik koordinat lokasi pemasangan perangkat internet desa.

Survey lokasi akan di awali dari wilayah kabupaten Kutai Timur. Kemudian secara bertahap dilanjutkan ke Kutai Kartanegara dan Kutai Barat.

Dalam waktu dekat Tim Diskominfo Kaltim beserta Tim DPMPD Kaltim akan melakukan survey lapangan mengunjungi desa sasaran target pemasangan internet desa.

Dan sebagai penghubung dengan pihak pemerintah desa, maka akan dilibatkan informasi Tenaga Pendamping Lokal Desa (PLD).

Untuk tahun 2020 direncanakan akan ada tiga desa yang akan dipasang internet desa, dan dua diantaranya sudah ditetapkan yakni Desa Laken Bilem, Kec. Yuatan, Kabupaten Kutai Barat dan Desa Muara Bengalon, Kec. Bengalon Kabupaten Kutai Timur.

Sedangkan untuk Kabupaten Kutai Kartanegara sampai saat ini masih dalam tahap seleksi, adapun desa yang masuk dalam usulan untuk program pemasangan internet desa adalah Desa Sidomulyo, Kec. Tabang dan Desa Selerong, Kec. Sebulu.

Desa yang menjadi lokasi khusus pelaksanaan program kegiatan ini didorong untuk menjadi desa digital, memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai penunjang kemajuan desa.

Selain itu desa juga didorong untuk menjadi desa digital agar bisa memberikan pelayanan dan promosi potensi desa berbasis internet.

Dengan adanya keberadaan akses internet desa, diharapkan untuk kedepanya bisa menunjang kinerja perangkat desa dalam urusan pemerintahan desa. Karena pada saat ini sebagian layanan pemerintahan desa sudah berbasis aplikasi dan harus terhubung dengan jaringan internet, maka untuk menunjang itu semua perlu adanya keberadaan akses internet desa.